Penuh Hikmad, Lapas Panyabungan Ikuti Upacara Peringatan HDKD ke-76

Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI).

topmetro.news – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, menetapkan 19 Agustus 1945 sebagai Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI).

Yasonna membacakan keputusan itu saat memimpin Upacara Hari Kemenkumham RI atau Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-76 Tahun 2021. Berlangsung, Sabtu, (30/10/2021), di Lapangan Kemenkumham Kuningan, Jakarta Selatan.

Sejarah HDKD

Menurut Menkumham, penetapan Hari Lahir Kemenkumham RI itu berdasarkan kajian, penelusuran sejarah, dan pengumpulan bukti-bukti autentik. Serta wawancara beberapa pakar hukum yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kalapas Kelas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan usai mengikuti Upacara Peringatan HDKD ke-76 Tahun 2021 secara virtual kepada topmetro.news mengatakan, ke depan, pelaksanaan HDKD akan berlangsung pada tanggal 19 Agustus pada setiap tahunnya.

Di mana lanjutnya kemudian, keputusan itu sekaligus untuk mencabut Keputusan Menteri Kehakiman tahun 1985. Dan bila menyimak dari apa yang Kemenkumham RI bacakan, maka keputusan itu adalah semata-mata untuk mengembalikan dan meluruskan sejarah yang benar.

“Pada kesempatan tadi kita juga melihat, Wakil Menkumham Edward OS Hiariej turut juga membacakan sejarah singkat Kemenkumham. Yang tujuannya jelas untuk memaparkan data dan fakta kepada seluruh peserta upacara. Termasuk jajaran Kemenkumham baik di pusat, kantor wilayah, dan unit pelaksana teknis di seluruh wilayah Indonesia. Yang mengikuti upacara secara virtual tersebut,” tandasnya mengakhiri.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment